Pagar rumah minimalis bisa jadi merupakan bagian yang sering dianggap paling tidak penting dalam desain rumah modern. Sebagian besar masyarakat yang telah memiliki rumah minimalis ataupun hendak membeli atau membangun rumah minimalis umumnya kurang peduli dan tidak begitu memperhatikan bagian eksterior paling luar ini.

Keterbatasan maupun mahalnya lahan yang ada mendorong pemilik untuk lebih memikirkan masalah interior dan bagian dalam rumah. Apalagi rumah minimalis lebih menekankan factor fungsi, sehingga banyak orang yang lebih fokus memikirkan agar rumah nyaman dihuni dan ditinggali. Masalah eksterior, terutama soal pagar, bisa diurus belakangan saja, itupun kalau masih ada dana tersisa, mungkin begitu pikiran kebanyakan orang tentang desain rumah yang sedang populer ini. Lihat juga desain rumah minimalis modern satu lantai.

Pagar rumah minimalis sebenarnya dapat menjadi cermin sifat atau karakter dari penghuninya. Bentuk pagar tembok yang tinggi seperti sering ditemukan pada rumah model lama menyiratkan sifat dan karakter yang angkuh dan tertutup dari pemiliknya. Begitu pagar dari besi yang tinggi juga setali tiga uang alias sama saja menggambarkan sifat penghuninya yang kurang menyukai sosialisasi dengan tetangga.

Pagar Rumah Minimalis

Lantas bagaimana cara merencanakan bentuk atau model pagar rumah minimalis? Sebenarnya banyak sekali contoh pagar rumah semacam itu yang dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk dikreasikan sesuai keinginan kita.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika anda hendak merencanakan untuk membuat pagar rumah untuk model minimalis.

  1. Merancang bentuk pagar rumah harus tetap memperhatikan desain rumah secara keseluruhan agar terlihat padu, serasi dan matching.
  2. Jika anda tinggal di dalam kawasan perumahan dimana masalah keamanan cukup terjaga, mungkin anda dapat mengelimasi soal pagar atau mengubahnya dengan menambah ketinggian halaman rumah agar terlihat lebih anggun.
  3. Jika anda memiliki anak-anak yang masih kecil, pagar rumah dapat dibuat sekedar untuk membatasi gerak anak agar tidak keluar saat bermain di halaman rumah. Dalam hal ini anda dapat menggunakan berbagai bahan yang murah dan minimalis, seperti kayu.
  4. Pagar rumah juga dapat dirancang lebih sebagai aksen untuk memperkuat desain rumah anda. Dalam hal ini anda dapat memilih bentuk yang simpel dan warna cat yang sesuai dengan warna rumah, sehingga pagar rumah minimalis anda akan memperlihatkan karakter anda yang modern.