Bagaimana sih tips membeli rumah di kawasan perumahan agar tidak kecewa? Mungkin pertanyaan semacam ini terselip di tengah maraknya pembangunan perumahan di berbagai kawasan. Dari perumahan sangat sederhana (RS/RSS) hingga perumahan eksklusif dengan berbagai fasilitas yang terbilang lengkap. Namun persoalan memilih rumah yang cocok ternyata tak pandang kelas sosial.

Tak sedikit kasus-kasus kekecewaan yang dirasakan konsumen saat membeli rumah di kawasan perumahan. Dari kualitas material bangunan yang digunakan, fasilitas kawasan tak sesuai seperti yang dijanjikan, hingga masalah pembayarannya yang mungkin terlalu memberatkan.

Tips Membeli Rumah

Nah, berikut ini sejumlah tips membeli rumah di kawasan perumahan yang mungkin berguna untuk anda agar bisa memiliki rumah tinggal yang nyaman dan sesuai kebutuhan anda bersama keluarga.

1. Pilih Rumah seperti pada Rumah Contoh

Pihak pengembang atau developer umumnya membuat rumah contoh untuk membantu marketing dalam memasarkan rumahnya. Rumah contoh umumnya dibuat dengan kualitas terbaik karena memang disiapkan agar penjualannya sukses. Baik menyangkut jenis material yang digunakan, spek, maupun dalam proses pengerjaannya. Karena itu pilihlah rumah seperti yang diperlihatkan oleh rumah contoh yang ada tersebut.

2. Perhatikan dan Pastikan Kualifikasi Developer

Perumahan yang baik pasti dibangun oleh developer atau pengembang yang memiliki reputasi yang baik. Anda bisa memperhatikan soal reputasi ini dari track record perumahan yang pernah dibangunnya maupun dari kualitas layanan yang diberikan, termasuk menyangkut garansi, pengurusan sertifikat, maupun jaminan lainnya yang diperlukan. Baca juga peluang dan prospek bisnis properti 2015.

3. Teliti Fasilitas yang Diberikan

Tips membeli rumah di kawasan perumahan yang juga penting untuk mengantisipasi kekecewaan di kemudian hari adalah memastikan fasilitas yang diberikan. Baik menyangkut fasilitas di dalam rumah maupun fasilitas kawasan. Fasilitas kawasan merupakan fasilitas yang wajib disediakan pengembang, seperti jalan dengan lebar dan kondisi yang baik, fasilitas olah raga, fasilitas keamanan, dan sebagainya. Teliti pula fasilitas yang diberikan di dalam rumah, seperti air, listrik, telepon, maupun fasilitas yang lainnya. Anda juga perlu memastikan atau meminta jaminan bahwa kawasan perumahan itu bebas dari berbagai potensi masalah, baik soal banjir, sampah, ataupun problem lingkungan lainnya.

4. Pilih Kredit Rumah yang Murah dan Mudah

Dalam memanfaatkan fasilitas kredit perumahan, teliti sistem dan besar bunga yang diterapkan. Pilihlah cicilan dengan bunga fleksibel yang tetap sehingga tidak memberatkan di kemudian hari. Teliti perjanjian kredit yang ada dan pastikan pula adanya asuransi jika ada.

5. Pilih Rumah yang Nyaman

Faktor paling utama dari fungsi sebuah rumah yang mesti diperhatikan adalah masalah kenyamanan saat dihuni. Hindari kesalahan yang malah akan membuat anda terpaksa mengeluarkan uang ekstra untuk melakukan renovasi. Karena itu perhatikan detail rumah yang akan anda beli, baik dari sirkulasi udaranya, posisi jendela, ketinggian plafon, ataupun arah rumah. Hindari memilih rumah yang menghadap ke Barat karena akan terasa panas pada siang hari.

Itulah beberapa tips membeli rumah di kawasan perumahan yang sebaiknya anda perhatikan dengan baik agar tidak menimbulkan kekecewaan di kemudian hari.