Tahukah anda apa saja proyek konstruksi termahal di dunia yang pernah dibangun? Pembangunan sebuah proyek konstruksi tentunya membutuhkan biaya yang sangat mahal. Terlebih jika insfrastruktur teknologi juga dimasukkan di dalamnya. Dan dunia modern telah menyaksikan begitu banyak proyek raksasa dibangun di berbagai negara untuk beragam maksud dan tujuan.

Dan inilah 6 proyek konstruksi termahal dan termegah di dunia yang perlu anda tahu.

1. Proyek US Interstate Highway System

Ide pembangunan proyek US Interstate Highway System (HIS) ini berasal dari mantan Presiden Amerika Serikat Dwight D. Eisenhower. Proyek ini tidak hanya menyangkut soal fungsi transportasi, namun saat itu Eisenhower juga mencetuskan idenya untuk membantu memobilisasi infanteri dalam keadaan darurat dan fungsi proyek ini untuk pertahanan nasional.

proyek konstruksi termahal

Proyek konstruksi termahal ini telah dimulai pada tahun 1956 dan telah selesai pada tahun 1992. Nebraska adalah rute pertama yang berhasil diselesaikan pada tahun 1974 dan potongan terakhir ada di Colorado. Selain menciptakan rute baru, proyek ini juga memanfaatkan rute lama sebagai “Interstate”. Pada tahun 2015, US Interstate Highway System telah pembayar pajak untuk biaya proyek yang mencapai US $ 459 miliar.

Meskipun biaya yang dikeluarkan melebihi yang diperkirakan dan penyelesaiannya yang memakan waktu bertahun-tahun, namun seperti dikutip dari laman 360trendz.com, proyek US IHS telah mampu memberikan menguntungkan ekonomi bagi Amerika Serikat. Biaya pengiriman menjadi lebih hemat 17 %, dan saat terjadi Badai Katrina, New Orleans menjadi “contraflow” dalam US IHS untuk mempercepat proses evakuasi.

2. Proyek Stasiun Luar Angkasa Internasional

Pembangunan proyek Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station / ISS) mungkin termasuk proyek ambisius yang diperkirakan akan menelan biaya sekitar US $ 150 miliar. Nilai proyek yang begitu besar ini mungkin tak begitu mengejutkan karena disangga oleh beberapa negara. Negara-negara yang terlibat dalam proyek ini meliputi Amerika Serikat, Rusia, Perancis, Jerman, Italia, Belanda, Kanada, Jepang, Belgia, Norwegia, Swiss, Denmark, Spanyol, dan Swedia.

proyek konstruksi termahal di dunia

Dalam proyek ini, roket Rusia dan Space Shuttle merupakan alat utama yang digunakan untuk membangun ISS. Semua modul untuk proyek diselesaikan di Bumi dan jika selesai tinggal di pasang di stasiun ruang angkasa itu. Kabarnya ISS tidak dihuni hingga dua tahun ke konstruksi saat modul Zvezda Rusia telah ditempatkan di dalamnya dimana modul ini berisi peralatan bertekanan yang diperlukan untuk aktivitas didalamnya. Banyak pihak yang meragukan proyek ambisius ini dan memperkirakan ISS akan jatuh ke laut pada tahun 2020 atau setelah digunakan selama 26 tahun. Benarkah?

3. Proyek King Abdullah Economic City

King Abdullah Economic City (KAEC ) merupakan pusat bisnis dan hiburan dengan berbagai fasilitas yang sangat lengkap. Lokasinya berjarak sekitar satu jam dari Mekkah, fasilitas yang tersedia di kawasan ini meliputi beberapa hotel kelas tinggi, villa mewah, beberapa universitas bergengsi, dan bandara udara internasional. Wajar saja jika nilai investasinya mencapai lebih dari US $ 86 miliar.

konstruksi termahal di dunia

Proyek ini dibangun oleh kelompok real estate Emaar Properties yang dikenal dalam pembangunan gedung tertinggi di dunia, yaitu Burj Khalifa yang ada di pusat kota Dubai. Kabarnya Ericsson juga ikut bekerja pada aspek infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi infrastruktur yang akan menjadi KAEC sebagai “kota pintar”.

4. Proyek Dubailand

Dubailand adalah sebuah taman hiburan dengan fasilitas paling mahal di dunia dengan aneka wahana, seperti Disney park, teater IMAX, dan masih banyak lainnya. Pembangunan proyek hiburan untuk keluarga ini pernah dihentikan pada tahun 2008 karena krisis keuangan di Dubai namun dilanjutkan lagi pada tahun 2013. Desain Dubailand didasarkan pada Arabian Folklore, khususnya suasana kisah Seribu Satu Malam yang sangat terkenal. Sejauh ini, investor telah mengeluarkan biaya tak kurang dari US $ 76 miliar.

proyek konstruksi termahal di dunia

5. Proyek Songdo International Business District

Proyek ini dibangun di atas tanah reklamasi di sekitar laut mati Seoul, Korea Selatan dan diperkirakan menelan biaya lebih dari US $ 40 miliar. Songdo IBD berlokasi dekat dengan Bandara Internasional Incheon dan dibangun untuk menarik para pebisnis dan wisatawan. Ini akan menjadi sebuah kawasan yang lengkap dengan WiFi di mana-mana, tanaman daur ulang otomatis, dan inovasi teknologi lainnya. Beberapa replika landmark dari kota-kota lain kabarnya juga akan dibangun di sana, termasuk sebuah Central Park lengkap dengan sebuah pulau kecil penuh kelinci dan rusa yang berkeliaran di sekitarnya.

proyek konstruksi termahal di dunia

6. Proyek California High-Speed Rail

Proyek ini baru saja dimulai pada tahun 2015 dan dijadwalkan Tahap 1 akan selesai pada tahun 2029. Proyek pembangunan Rel Kereta Berkecepatan Tinggi California ini merupakan janji Presiden Obama yang ingin menghubungkan beberapa kota besar di Amerika Serikat dengan kereta berkecepatan tinggi. Bayangkan saja, dengan kereta berkecepatan hingga 220 mil per jam akan mampu menjangkau San Francisco ke Los Angeles hanya dalam waktu yang sangat singkat. Salah satu proyek konstruksi termahal di dunia ini akan menelan biaya lebih dari US $ 33 miliar.

proyek konstruksi termegah