Memiliki rumah sendiri merupakan dambaan setiap orang, utamanya bagi anda yang telah berumah tangga. Selain agar bisa hidup mandiri terlepas dari keluarga, memiliki rumah sendiri juga dapat menjadi media ekspresi dalam menata dan mengatur rumah secara bebas. Namun anda mungkin berpikir bukan hal yang mudah mendapatkan rumah murah di Jakarta. Apalagi harga tanah ataupun rumah di kota metropolitan yang begitu tinggi.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda pilih jika anda berniat untuk memiliki hunian untuk keluarga anda. Selain dengan cara membeli, memiliki rumah sendiri juga bisa ditempuh dengan membangun sendiri. Apalagi saat ini tersedia banyak sumber ataupun referensi tentang desain ataupun gambar rumah beserta interiornya yang bisa anda manfaatkan dalam merencanakan hunian yang nyaman sesuai kemampuan keuangan anda. Termasuk jika anda ingin mencari atau memiliki rumah diĀ perumahan murah di Bekasi.

Jika anda tidak ingin repot dalam memiliki rumah sendiri, cara paling mudah adalah dengan membelinya. Dengan cara ini anda tidak perlu repot merencanakan, merancang desain, ataupun mencari toko atau suplier bahan bangunan yang murah. Anda juga tak perlu repot mencari tenaga tukang untuk melaksanakannya yang mungkin tak mudah mendapatkannya di kota besar seperti Jakarta.

Tips Membeli Rumah Murah di Pinggiran Jakarta

Untuk membeli rumah murah sesuai dengan kemampuan keuangan anda setidaknya juga dapat dilakukan dengan dua cara. Selain dengan membeli secara tunai, anda juga dapat memilih kredit rumah murah di Jakarta yang banyak disediakan bank-bank penyedia kredit perumahan rakyat (KPR). Kedua pilihan ini tentunya memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing yang bisa anda sesuaikan dengan kondisi anda sendiri.

rumah murah di Jakarta

Namun untuk bisa membeli rumah murah di sekitar Jakarta, sebaiknya anda memperhatikan tips berikut ini.

1. Pilih Lokasi di Pinggiran Kota

Ada banyak rumah maupun perumahan baru yang dibangun di pinggiran kota di Jakarta. Anda bisa mencari perumahan murah di sekitar Bekasi, Tangerang, Bogor ataupun kawasan lainnya yang agak jauh dari Jakarta. Kawasan di pinggiran kota ini umumnya hargannya jauh lebih murah dibandingkan di pusat kota. Beberapa kawasan pengembangan baru di sekitar Jabodetabek juga layak untuk dipertimbangankan sebagai pilihan anda, seperti Karawang atau yang lainnya.

2. Pilih Perumahan yang Dekat dengan Akses Transportasi

Memiliki rumah dipinggiran kota memberikan banyak manfaat terutama untuk kenyamanan dan kesehatan lingkungan bagi keluarga anda. Meskipun demikian, rumah yang jauh lokasinya dengan kantor atau tempat kerja anda juga dapat membuat keuangan anda terkuras. Karena itu untuk menekan biaya hidup yang dikhawatirkan menguras keuangan anda, sebaiknya pilih lokasi perumahan yang memiliki akses mudah dengan berbagai moda transportasi.

3. Teliti dalam Memilih Fasilitas KPR

Saat ini ada banyak pengembang yang menawarkan program kepemilikan rumah dengan berbagai fasilitas yang menggiurkan. Ada yang menonjolkan bunga rendah, uang muka kecil, ataupun kemudahan dalam prosesnya. Namun sebagai konsumen anda sebaiknya berhati-hati dalam memilih program KPR. Untuk itu anda sebaiknya berkonsultasi secara langsung dengan bank-bank penyedia progran KPR. Saat berkonsultasi ini, pastikan anda memilih model bunga fix rate dan bukan fleksibel rate untuk menghindari pembengkakan bunga kredit di kemudian hari.

4. Mencari Orang yang Ingin Over Kredit

Cara lain untuk mendapatkan rumah atau perumahan murah di pinggiran kota Jakarta adalah dengan mencari orang yang ingin menjual rumahnya secara over kredit. Cara ini cukup efektif menekan biaya karena besaran cicilan yang ada menggunakan patokan lama yaitu saat orang itu membeli rumah yang relatif masih rendah. Untuk mencari orang seperti ini memang tidak mudah. Namun anda bisa mencobanya dengan menbcarinya melalui iklan kecik di koran dan internet ataupun dengan mendatangi langsung ke kompleks perumahan dan menanyakan ke orang yang tinggal di sana. Selain itu anda juga bisa mencobanya dengan menanyakan langsung ke bank penyedia program KPR.

5. Pilih Model Rumah Tumbuh

Salah satu faktor yang menyebabkan harga rumah melambung tinggi adalah harga tanah. Memiliki hunian murah namun nyaman untuk keluarga bukanlah perkara mudah, apalagi jika jumlah anggota keluarga anda cukup banyak. Nah, cara lain untuk memiliki rumah sendiri di Jakarta dengan harga yang agak murah adalah dengan memilih rumah yang dirancang dengan konsep rumah tumbuh. Anda bisa saja membeli dua rumah dengan tipe kecil, seperti tipe 27 atau 36 yang posisinya berdampingan. Dengan luasan tanah yang tak begitu besar ini anda nantinya bisa mengembangkan rumah ke atas secara bertingkat. Selain untuk memenuhi kebutuhan ruang bagi seluruh anggota keluarga anda, dengan cara ini proses pengembangannya juga bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan anda nantinya.

Demikianlah informasi tentang langkah mudah dan hemat dalam membeli dan memiliki rumah murah di Jakarta dan sekitarnya yang semoga berguna dan memberikan inspirasi untuk anda. Anda juga bisa membaca tips membeli rumah di kawasan perumahan untuk referensi yang lebih mendalam.